Monday, September 18, 2017

Tentang Percaya

source : pinterest


Memutar ingatan waktu SD dulu, sebenernya waktu dulu masih kecil nggak seberapa paham maksud dari ‘belajar’, meskipun selalu 3 besar dikelas. Inget banget dulu tiap habis maghriban sama alm. Bapak selalu ditemenin ngerjain tugas, tanya jawab kalo besok ada ujian, atau sekedar aku ngerjain tugas dan bapak liat tv sambil ngerokok, sampe parahnya waktu itu aku sempet ngalamin gangguan pernapasan karena jadi perokok pasif. Lalu beliau nggak ngerokok lagi hanya jika disekitarku, he was taking care of me but forgot about himself.

Dulu keluargaku dan guru-guru ku waktu SD ngerasa kalo aku ada bakat di Seni atau Gambar, yang padahal aku nggak mikir sejauh itu. Akhirnya dari TK sampe SD aku diikutkan lomba-lomba gambar, nggak semua lomba menghasilkan sebuah kemenangan, tapi ntah kenapa aku fun aja, nggak ada rasa minder atau menyalahkan diri senidri atas sebuah kekalahan, mungkin karena aku ngerasa itu hal menyenangkan yang tak lakuin. Mungkin karena aku bersenang-senang, sehingga nggak ada tempat buat kesedihan atau hal serupa.

Aku juga nggak pernah dituntut perihal nilai disekolah oleh orang tua, jadi harusnya nggak pernah terbebani ketika peringkat pertama yang telah diraih berganti menjadi peringkat kedua, maupun ketiga. Tapi entah kenapa badan selalu demam mejelang ujian kenaikan kelas, dan orang tua terlebih ibu selalu paham soal ini. Katanya anaknya ini terlalu banyak mikirin nilai, padahal aku cuma takut kalo hasilnya ngebuat orang tua kecewa, yang sesungguhnya itu tuh cuma dipikiranku aja.

Mungkin yang bisa tak inget kenapa dulu pas SD serasa semua lancar-lancar aja, adalah karena aku lebih sering nurut dan percaya sama orang tua (tapi masih nangis kalo minta eskrim nggak diturutin, lahh wk). Soalnya aku inget banget pesan Rasulullah “Ibumu, Ibumu, Ibumu, kemudian Ayahmu”. Dan ini kayaknya kebawa sampe sekarang, aku kalo mangkel sama Ibu ujung-ujungnya malah ngerasa sedih sendiri, ngerasa bersalah. Kalopun marah sejauh nyuekin dan gak mau makan, tapi selalu luluh kalo Ibu bawain makanan atau nyuruh makan :’)

Dan sampai sekarang aku kalo mau ngebuat keputusan selalu minta restu dulu, meskipun tetap berpihak sama pilihanku hahaha. Seenggaknya aku berusaha jujur ke Ibu tentang apapun, yaa karena udah nggak bisa cerita ke alm. Bapak, dan udah nggak waktunya buat nangisin malem-malem haha. Mungkin kalian yang belum ngelakuin hal kayak aku, i mean nurut dan minta restu, coba deh. Kayak semuanya itu terasa mantep dan berani buat ambil keputusan. Atau luangin ya sehari 30 menit lah buat ngobrol sama Orang Tua. Karena mungkin dibalik marah ataupun omelan beliau, kita lupa kalau beliau yang konsisten menyebut nama kita dalam tahajud dan doa terbaiknya.



Yang sedang berusaha menjadi anak penurut kembali


Desi

No comments:

Post a Comment